Makanan Khas Malang Paling Enak dan Wajib di Coba 1

9 Makanan Khas Malang Paling Enak dan Wajib di Coba

Makanan Khas Malang – Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan wisatanya dan budayanya adalah Kota Malang. Selain itu Malang di kenal sebagai Kota Pelajar ini juga kaya dengan makanan lezat.

Advertisement

Makanan khas malang memang sangat terkenal di seluruh Indonesia. Pada saat teman-teman berkunjung ke Kota Malang, jangan lupa untuk sejenak mencicipi sedapnya makanan khas Malang.

Tentu perpaduan antara tempat wisata yang sangat banyak dan wisata kuliner yang lezat, akan menarik para wisatawan yang datang ke Malang.

Rasanya cukup sudah salam pembukaan awal kita kali ini, langsung saja ke topik intinya yakni membahas tentang makanan khas Malang paling enak dan terkenal.

Oke, deh simak baik-baik ya ulasan kita tentang makanan khas Malang di Wikimalang.com ini, semoga bisa jadi referensi makan pada saat teman-teman datang ke Kota Malang.

Makanan Khas Malang Paling Enak, Populer dan Wajib di Coba

Angsle Malang

Angsle Malang 4

Buat teman-teman yang suka makanan manis, teman-teman bisa mencoba makanan khas Malang yang terkenal dengan nama Angsle Malang. Jenis Angsle Malang ini sangat mirip dengan sekoteng lho.

Biasanya Angsle Malang ini di sajikan saat masih hangat, akan tetapi buat teman-teman yang suka Angsle Malang dingin, teman-teman bisa menambahkan es juga tidak kalah enak.

Isi dari Angsle Malang ini yakni kacang hijau, irisan roti, putu mayang (petulo), bubur mutiara, ketan putih dan tape singkong. Kemudian di siram dengan kuah santan yang di rebus dengan daun pandan.

Wah, pasti akan sangat lezat makanan khas Malang yang satu ini. Biasanya Angsle Malang ini juga di tambah sedikit jahe. Ada banyak kok pedagang yang menjual Angsle Malang ini.

Es Durian Dempo Malang

Es Durian Dempo Malang 2

Rasanya Es Durian Dempo ini wajib banget nih masuk dalam makanan khas Malang, karena Es Durian Dempo ini cukup populer bagi warga Malang. Di jamin segar banget deh teman-teman.

Es Durian Dempo ini di buat dengan cara mencampurkan durian dengan serutan es batu, sirup dan susu kental manis yang tentu saja sangat enak teman-teman.

Cocok banget di santap saat siang hari di tengah cuaca panas yang ada di Kota Malang. Buat kamu yang penasaran dengan rasa Es Durian Dempo, teman-teman bisa datang ke belakang SMAK St. Albertus Malang.

Biasanya sih di tempat tersebut buka mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 3 sore teman-teman. Di situ juga menjual Es Durian Mocca dan Es Teler Dempo.

Sego Goreng Mawut Malang

Sego Goreng Mawut Malang 2

Sangat khas nih, salah satu makanan yang sangat mudah di temukan di pinggir jalan sepanjang Kota Malang. Sego Goreng Mawut namanya saja garang banget ya? bikin penasaran aja.

Sebenarnya Sego Goreng Mawut ini di ambil dari nama Sego Goreng yang berarti Nasi Goreng dan Mawut yang berarti berantakan. Jadi arti Sego Goreng Mawut adalah Nasi Goreng Yang Berantakan teman-teman.

Sego Goreng Mawut adalah nasi goreng yang di campurkan dengan mie goreng, sehingga menghasilkan cita rasa yang enak dan lezat.

Di padukan juga dengan daun selada, kecap, saus dan di berikan juga toping acar. Mudah banget deh menemukan penjual Sego Goreng Mawut ini, datang saja ke kawasan Alun-Alun Kota Malang teman-teman.

Bakso Malang President

Bakso Malang President 2

Sebenarnya Bakso Malang President ini merupakan tempat wisata kuliner bakso yang ada di Malang, akan tetapi karena Bakso Malang President ini sangat legendaris, kita masukkan juga ke makanan khas Malang.

Berdiri sejak tahun 1977 yang lalu dan banyak banget cabang dari Bakso Malang President ini, membuat nama Bakso Malang President ini patut kita perbincangkan.

Daging sapi 100% berkualitas yang di sajikan bersama dengan mie kuning, siomay, tahu pangsit goreng dan kuah, nantinya Bakso Malang President bisa membuat lidah bergoyang.

Banyak banget varian bakso yang bisa teman-teman pilih di Bakso Malang President ini seperti misalkan saja Bakso Goreng, Bakso Kecil, Bakso Besar, Bakso Tulang Muda, Siomay Basah, Bakso Goreng Udang, Bakso Goreng Panjang, Jeroan Paru, Siomay Goreng dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan rasa makanan khas Malang bernama Bakso Malang President ini? Datang saja ke Jalan Baranghari No. 5, lokasinya berada di belakang Hotel Savana teman-teman.

Bakso Bakar Malang

Advertisement

Makanan Khas Malang Paling Enak dan Wajib di Coba 1

Makanan khas Malang yang berikutnya menjadi fokus kita di Wikimalang.com adalah Bakso Bakar. Memang masih di anggap makanan khas Malang yang baru, tapi sekarang cukup populer.

Pada tahun 1997 yang lalu Bakso Bakar telah di perkenalkan oleh Suparman atau Pak Man. Cita rasa yang di hasilkan Bakso Bakar asli Pak Man memang mantap banget teman-teman.

Advertisement

Bagaimana sih pemrosesan Bakso Bakar khas Malang ini? yakni daging sapi yang di giling, di rebus dan di bakar. Kemudian saat pembakaran di olesi dengan kecap, saus dan bumbu spesial.

Teman-teman bisa request nih pada si penjual Bakso Bakar mau versi pedas atau versi biasa saja. Saat ini banyak penjual Bakso Bakar di pinggir jalan Kota Malang yang siap memuaskan teman-teman.

Atau jika teman-teman penasaran dengan Bakso Bakar buatan Pak Man, teman-teman bisa datang ke Jalan Diponegoro no. 19A Kota Malang.

Cwie Mie Malang

Cwie Mie Malang 2

Memang sekilas Cwie Mie ini sangat mirip dengan mia ayam biasa yang tersaji di pedagang pinggir jalan, akan tetapi yang membedakan antara Cwie Mie dan mie ayam adalah daging ayam yang di lembutkan sampai seperti abon untuk Cwie Mie ini.

Cwie Mie dari rasanya cenderung ke arah agak asin, tapi gurih banget teman-teman. Biasanya Cwie Mie di makan bersama dengan daun selada, taburan bawang goreng dan kuah yang sangat gurih.

Ada yang unik dari Cwie Mie ini, untuk mangkuknya terbuat dari pangsit lho. Ada banyak yang jual Cwie Mie ini di malang, tapi yang populer hanya di satu tempat.

Resto H*t Cwie Mie Malang merupakan tempat populer yang jual Cwie Mie yang terletak di Jalan Raya Mojorejo no. 99 Junrejo Batu.

Rawon Malang

Rawon Malang 2

Mungkin makanan khas Malang yang satu ini sudah tidak asing lagi nih di telinga pencinta makanan indonesia. Pasalnya makanan khas Malang yang terkenal dengan nama Rawon ini populer banget.

Rawon adalah makanan yang di buat dengan berbahan dasar daging dengan kuah yang berwarna hitam. Warna hitam yang ada di Rawon ini berasal dari salah satu bumbu Rawon yang bernama Kluwak.

Beberapa bumbu yang di pakai untuk membuat Rawon adalah bawang putih, bawang merah, kunyit, serai, lengkuas, cabe, minyak nabati dan ketumbar.

Bisa juga nih Rawon di sebut sebagai makanan khas Jawa Timur, pasalnya di Jawa Timur banyak banget orang yang menjual Rawon ini. Sekedar info nih yang teman-teman…

Jika pengen mencicipi Rawon yang enak, teman-teman bisa datang ke Jalan Zaenal Arifin No. 62 Malang, yakni sebuah tempat kuliner rawon di Malang yang terkenal dengan nama Depot Rawon Nguling.

Orem-Orem Malang

Orem Orem Malang 2

Oke deh, next ke makanan khas Malang yang selanjutnya yang terkenal dan biasa di sebut dengan nama Orem-Orem. Makanan yang satu ini di buat dengan bahan ketupat ynag di campur dengan daging ayam yang di masak jadi satu dengan kuah santan yang kental.

Sekilas kuah Orem-Orem ini sangat mirip dengan kuahnya lodeh atau opor nih, tapi kuah Orem-Orem lebih kental teman-teman. Biasanya sih Orem-Orem ini identik banget dengan pedasnya.

Pada saat pemasakan, Orem-Orem biasanya di masak dengan menggunakan arang teman-teman, hal ini di maksudkan agar cita rasanya tetap terjaga dengan baik.

Lauk lain selain ayam, Orem-Orem biasanya di sajikan dengan mendol dan tempe goreng. Teman-teman bisa menambahkan sambal dan kecap pada Orem-Orem sesuai dengan selera.

Soto Kambing Malang

Soto Kambing Malang 2

Buat para pencinta soto kawasan Malang dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi nih dengan makanan khas Malang yang terkenal dengan nama Soto Kambing ini.

Dulunya Soto Kambing ini di sajikan saat acara bersih desa atau selamatan gitu teman-teman, tapi sekarang sudah berbeda lagi, Soto Kambing saat ini banyak di jadikan menu di warung dan tempat makan teman-teman.

Dalam satu porsi Soto Kambing, di dalamnya terdapat daging kambing, taoge, usus, kubis dan lainnya. Jika di rasakan, rasanya sangat mirip dengan campuran soto dan gulai kambing.

Untuk mengurangi aroma daging kambing, teman-teman bisa menambahkan jeruk nipis nih. Paling cocok Soto Kambing ini di makan dengan nasi panas yang pastinya menggugah selera teman-teman.

Untuk mendapatkan Soto Kambing ini biasanya banyak orang jualan di sepanjang jalan jurusan Malang-Batu. Karena sangat jarang Soto Kambing ini kita temukan di resto, rumah makan dan warung di Malang.

Baca Juga :

Advertisement
Gambar Gravatar
Buat teman-teman yang cinta Kota Malang, nah kamu berada di blog yang tepat. Wikimalang.com akan memberikan informasi secara lengkap seputar Kota Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *